Top Menu

Asuransi Jiwa dan Sistem Asuransi Jiwa

Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa asuransi merupakan hal penting. Salah satunya adalah asuransi jiwa dan sistem asuransi jiwa dimana harus diketahui secara baik supaya bisa menentukan pihak perusahaan terbaik untuk menjamin kehidupan.

asuransi jiwa dan sistem asuransi jiwa

Sebagai manusia, umur adalah hal yang tidak dapat ditebak. Untuk memberikan perlindungan finansial di masa mendatang pada ahli waris dan keluarga, maka bisa menggunakan Life Insurance sebagai sumber nafkah bagi mereka.

Apa itu Asuransi Jiwa

Asuransi Jiwa adalah layanan dari asuransi dimana merupakan sebuah perlindungan dari dampak kerugian secara finansial/keuangan dari seseorang yang anggota keluarganya meninggal dunia. Pihak tertanggung (anggota keluarga yang meninggal) biasanya menjadi sumber nafkah.

Menggunakan insurance jenis ini sangat penting supaya bisa memberikan dukungan kepada keluarga yang ditinggal untuk melanjutkan hidup. Oleh sebab itu, hal tersebut merupakan jaminan sehingga perlu disiapkan sejak awal.

Apa Manfaat Asuransi Jiwa

Kematian memang rahasia Tuhan, tetapi mempunyai usaha untuk memikirkan keluarga tentu adalah hal baik. Untuk itu, memilih menggunakan Life Insurance merupakan keputusan bijak. Apa saja manfaat asuransi jiwa? Berikut penjelasannya.

Membantu Meringankan Biaya Saat Kematian

Saat terjadi musibah kematian, maka tidak akan terlepas dari berbagai urusan mulai dari pemulasaran jenazah atau dikebumikan nantinya. Bagi agama tertentu, biasanya juga akan dilaksanakan kegiatan berdoa dimana mempunyai membutuhkan dana cukup banyak. Untuk itu, asuransi bisa membantunya.

Apabila kematian disebabkan oleh kecelakaan, tentu akan semakin besar biaya diperlukan. Proses pemakaman tidak akan lagi dibebankan kepada keluarga yang sedang berduka. Jumlah nominal akan diberikan menyesuaikan dari jumlah premi yang dibayarkan semasa hidup.

Sebagai Perlindungan kepada Ahli Waris

Besarnya polis setiap orang akan berbeda-beda. Menurut pendapat ahli, total uang pertanggungan dari nasabah Life Insurance bisa mencapai 7-10 tahun. Dengan nominal besar tersebut, maka bisa memberikan kehidupan kepada ahli waris.

Biaya hidup keluarga/ahli waris akan diberikan, seperti untuk pendidikan anak hingga jenjang perguruan tinggi. Selain itu, pembiayaan tersebut juga meliputi kegiatan sehari-hari. Ini dapat disesuaikan dan dirundingkan sesuai kebutuhan masing-masing.

Menutupi Biaya Penanganan Penyakit Kronis

Ada banyak sekali yang menjadi penyebab kematian, termasuk penyakit kronis. Insurance bisa menanggung perawatan dan penanganannya. Dalam hal ini, tentu saja terdapat ketentuan yang harus dipenuhi.

Syarat pencairan dana akibat sakit kronis biasanya penyakit tersebut harus masuk ke kategori terminal illness dengan perkiraan hidup oleh dokter ahli 12 bulan. Selama perawatan, bisa menggunakan dana tersebut sampai membaik.

Tabungan untuk Masa Tua

Seperti menabung untuk pensiun, mempunyai insurance juga dapat menjadi tabungan masa tua. Tidak hanya sebagai perlindungan ketika meninggal dunia nantinya, dana insurance bisa memberikan manfaat menyiapkan tabungan pensiun.

Pembelian produk insurance bagi seseorang biasanya tidak hanya untuk asuransi semata, melainkan untuk tujuan investasi. Dengan begitu, tidak perlu khawatir dengan masa depan.

Apa Itu Polis Asuransi Jiwa

Polis Life Insurance merupakan sebuah kontrak atau perjanjian pernyataan kerja sama secara tertulis dimana memiliki nilai hukum. Ini dilakukan oleh pihak perusahaan penyedia insurance dengan pemegang polis. Perusahaan akan menanggung risiko tertanggung sesuai kesepakatan waktu.

Dalam polis, pihak pemegang mempunyai kewajiban untuk membayarkan premi dengan jumlah tertentu sebagai pengalihan dari biaya risiko. Detail kontrak memuat sejumlah hal seperti, hak dan kewajiban asuransi, aturan pengecualian, kewajiban pihak tertanggung, dan SPAJ.

Polis adalah dokumen penting sehingga harus disimpan dengan baik. Jika sewaktu-waktu dibutuhkan, maka bisa menemukannya secara mudah dan keadaannya aman untuk bukti kontrak ketika akan melakukan klaim atau pencairan dana.

Jenis-Jenis Asuransi Jiwa

Terdapat jenis-jenis Life Insurance yang bisa Anda pilih dan tentukan sesuai kebutuhan. Berikut daftar dan penjelasan selengkapnya.

Term Life Insurance

Asuransi Jiwa Berjangka merupakan insurance product dimana akan memberi bantuan/santunan kematian dengan ketentuan tertanggung meninggal dunia pada batas waktu yang dijanjikan. Sebagai contoh, 1 tahun, 5 tahun, 10, tahun, 20 tahun, atau memakai batas usia tertentu.

Jenis Term Life Insurance dapat dipilih bagi Anda yang mempunyai kondisi finansial terbatas, seperti mempunyai tanggungan KPR (Kredit Kepemilikan Rumah), dan kredit-kredit lain. Premi Life Insurance Terbatas dibayarkan secara bertahap naik nilainya setiap tahun.

Whole Life Insurance

Jenis berikutnya adalah Whole Life Insurance dimana mempunyai kegunaan seumur hidup dengan usia mencapai 99 tahun. Tujuannya yaitu memberikan perlindungan seumur hidup kepada tertanggung selama polis masih aktif serta melakukan pembayaran premi.

Premis Whole Life Insurance tidak akan hangus apabila tidak dilakukan pengajuan klaim atau pencairan dana. Ketika kontrak dinyatakan berakhir, maka uang pertanggungan diberikan sepenuhnya kepada pihak tertanggung/ahli waris.

Unit Link

Unit Link Insurance merupakan insurance product yang mempunyai konsep investasi di dalamnya. Kegunaannya adalah memberikan proteksi santunan asuransi jiwa sekaligus investasi dalam bentuk tunai. 

Pemegang polis akan memperoleh hasil insurance dengan bunga. Premi yang dibayarkan akan diinvestasikan menjadi bentuk berbagai produk investasi, seperti saham, obligasi, pasar uang, dan masih banyak lagi.

Endowment

Endowmnet Insurance mempunyai dua kebermanfaatan yaitu, berjangka dan tabungan. Periode penggunaan insurance jenis ini berlaku dari 5 sampai 30 tahun mendatang. Selain itu, juga dapat didasarkan pada usia tertentu.

Pembayaran endowment dilakukan selama periode pertanggungan. Premi akan dibayar dengan nilai lebih besar dari asuransi biasanya karena terdapat tabungan di dalamnya. Imbal hasilnya bisa dipakai untuk berbagai hal, termasuk pendidikan anak.

Siapa Saja yang Perlu Menggunakan Asuransi Jiwa

Anda sudah tahu betapa pentingnya mempunyai insurance. Lalu siapa saja yang perlu menggunakan Life Insurance? Simak penjelasannya di bawah ini.

Lajang Usia Muda

Life Insurance tidak hanya untuk orang tua dengan penghasilan besar. Bagi anak muda yang belum menikah, juga penting menyiapkannya sejak awal supaya dapat menjadi perlindungan bagi diri dan orang tercinta dari risiko kematian berbagai sebab.

Pasangan Muda

Bagi Anda pasangan muda, jangan ragu memakai Life Insurance karena bisa memberikan ketenangan dan kenyamanan layaknya dana pensiun. Dengan begitu, tidak perlu khawatir, termasuk jika mempunyai penyakit kronis.

Mempunyai Sakit Berat

Apabila Anda mempunyai penyakit kronis, jangan buat keluarga cemas. Daftar asuransi dan dapatkan keuntungannya. Ini akan memberikan keamanan finansial nantinya.

Risiko Apa Saja yang Masuk ke Dalam Asuransi Jiwa

Memahami asuransi jiwa dan sistem asuransi jiwa tidak akan terlepas dari risiko. Berikut risiko dari Life Insurance dimana mungkin saja terjadi.

  • Risiko Spekulatif (mengalami keuntungan, kerugian, atau tidak ada perubahan)
  • Risiko Murni (menimbulkan kerugian bila terjadi, contoh kecelakaan membuat cacat)
  • Risiko Khusus (bersifat pribadi, seperti terjadi pencurian)
  • Risiko Fundamental (kerugian pada orang banyak, contoh bencana alam)

Itu dia informasi tentang asuransi jiwa dan sistem asuransi jiwa yang harus dipahami. Dengan demikian, bisa menentukan produk sesuai kebutuhan.

 Konsultasikan asuransi jiwa Anda dengan kami konsultan asuransi medan, ingin tau lebih banyak tentang asuransi yang terbaik untuk Anda? Ada di sini!

Posting Komentar

Copyright © FINEDUU - Konsultan dan Agen Asuransi Medan. Optimasi oleh SEOInstan | Designed by OddThemes