Top Menu

Asuransi Kesehatan Untuk Apa Saja? Inilah Penjelasan Beserta Jenis-Jenisnya

Memiliki perlindungan kesehatan merupakan hal yang cukup penting. Sayangnya, saat ini masih banyak orang belum tahu asuransi kesehatan untuk apa saja. Oleh karena itu semua akan di bahas pada kali ini.

asuransi kesehatan untuk apa saja

Seperti kita ketahui bersama, asuransi kesehatan sangat membantu ketika suatu saat membutuhkan pengobatan di dokter maupun rumah sakit. Bantuan tersebut bisa berupa potongan biaya bahkan ada juga yang digratiskan.

Apa Itu Asuransi Kesehatan?

Sebelum berlanjut ke pembahasan lebih detail tentang asuransi kesehatan untuk apa saja, akan lebih baik jika mengetahui terlebih dahulu mengenai pengertiannya. Dengan begitu, hal-hal lebih kompleks bisa dipahami lebih mudah.

Dirangkum dari berbagai sumber yang ada, bisa dikatakan bahwa asuransi kesehatan adalah bentuk perlindungan kepada pemiliknya untuk menanggung biaya medis, operasi, atau obat-obatan. Tanggungan bisa berupa keringanan biaya yang diberikan langsung atau melalui reimbursement. 

Bantuan diberikan langsung artinya uang akan langsung diberikan sebelum proses pembayaran penanganan medis. Sementara itu, reimbursement mengharuskan pemegang polis membayar terlebih dahulu dengan uang mandiri, kemudian bukti pembayaran diserahkan untuk diganti.

Sebagai contoh, Anda mengalami demam dan memeriksakan ke dokter namun harus melewati cek laboratorium beserta membeli berbagai jenis obat. Biaya pembelian obat atau penanganan medis tersebut nantinya akan diganti sebagian ataupun seluruhnya tergantung dari perjanjian sebelumnya.

Mengenai besaran dan juga sistem pendanaan, setiap layanan memiliki kebijakan berbeda-beda. Semua juga tergantung dari biaya premi bulanan yang dibayarkan. Semakin tinggi premi, maka semakin banyak pula keuntungan bisa didapatkan.

Dari pengertian tersebut saja sudah terlihat jelas asuransi kesehatan untuk apa saja. Namun, agar lebih jelas, silakan perhatikan pembahasan lain di bagian selanjutnya.

Apa Itu Premi Asuransi Kesehatan?

Di bagian sebelumnya sempat disinggung mengenai biaya premi. Oleh karena itu, sebelum ke pembahasan tentang asuransi kesehatan untuk apa saja, lebih baik Anda memahami betul-betul mengenai istilah ini karena akan sering digunakan dalam pembahasan.

Lalu, apa itu premi? Premi asuransi kesehatan merupakan besaran biaya yang harus dibayarkan oleh nasabah kepada perusahaan asuransi. Besaran tersebut biasanya dibayarkan setiap bulan dengan mempertimbangkan keadaan nasabah.

Mengenai jumlahnya, biasanya setiap layanan berbeda-beda. Yang jelas, semakin besar biaya premi maka semakin besar proteksi yang didapatkan. Misalnya, dengan premi Rp30.000,00 per bulan akan mendapatkan layanan berbeda dibandingkan premi Rp100.000,00 per bulan. 

Pemilihan premi ini biasanya dilakukan oleh nasabah ketika melakukan proses pendaftaran. Jadi, pastikan Anda sanggup membayar uang tersebut agar nantinya tidak terlalu menjadi beban.

Sebelum mengetahui fungsi asuransi kesehatan untuk apa saja, premi pun juga memiliki fungsi tersendiri. Pada dasarnya, premi berfungsi sebagai pengembalian uang kepada nasabah atas kerugian yang sewaktu-waktu dapat terjadi. 

Sebagai contoh, ketika Anda harus dirawat di rumah sakit. Maka pembiayaan akan terbantu diringankan dengan premi yang sudah dibayarkan selama ini sehingga tidak perlu membayar tagihan secara utuh. Tentu saja itu merupakan hal yang sangat membantu.

Sebagai informasi, sebelum mengetahui asuransi kesehatan untuk apa saja, ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi besaran premi. Faktor tersebut antara lain jenis produk, tingkat risiko, serta kebutuhan masing-masing individu.

Apa Itu Asuransi Kesehatan Murni?

Asuransi kesehatan murni juga perlu dipahami. Pasalnya, sebelum mengetahui asuransi kesehatan untuk apa saja, jenis ini cukup penting agar nantinya ketika memilih tidak terjadi kebingungan. Lalu, apa pengertian istilah tersebut?

Sesuai namanya, asuransi kesehatan murni merupakan proteksi yang hanya fokus ke perlindungan kesehatan saja. Seperti kita ketahui, beberapa produk asuransi biasanya sekaligus menjadi instrumen investasi. Artinya, ada fungsi lain dari kesehatan.

Seluruh premi bulanan yang dibayarkan nantinya akan digunakan ketika melakukan klaim. Apabila selama waktu perjanjian tidak mengajukan klaim, uang tersebut dapat ditarik kembali tanpa ada potongan biaya. Akan tetapi, biasanya setiap perusahaan akan mengenai potongan beberapa persen.

Lalu, siapa yang cocok menggunakan proteksi jenis ini? Pada dasarnya, seseorang yang ingin mendapatkan perlindungan kesehatan tanpa tercampur investasi adalah yang paling tepat. Pasalnya, tanpa adanya investasi maka biaya premi pun akan lebih terjangkau.

Jadi, jika Anda tidak ingin terlalu terbebani biaya premi bulanan, jenis ini bisa menjadi salah satu pilihan tepat. Selanjutnya, Anda bisa mempelajari asuransi kesehatan untuk apa saja di bagian berikutnya.

Mengapa Harus Belajar Asuransi Kesehatan?

Di bagian ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai sebenarnya asuransi kesehatan untuk apa saja. Dengan belajar mengenai asuransi, maka berbagai manfaat berikut ini bisa Anda dapatkan.

Proteksi individu dan keluarga

Jika ditanya asuransi kesehatan untuk apa saja, maka salah satu jawaban paling utama adalah memberikan perlindungan baik terhadap individu maupun keluarga. Kita semua tidak ada yang tahu apa akan terjadi di masa mendatang.

Meskipun sudah mengantisipasi semaksimal mungkin, persiapan akan hal terburuk juga sangat penting. Apabila suatu saat kita harus menjalani pengobatan karena penyakit tertentu, maka tidak perlu terlalu khawatir terkait masalah biaya.

Menekan risiko bangkrut

Berkaitan dengan poin pertama, apabila tidak memiliki asuransi dan harus melakukan perawatan medis. Besar kemungkinan seseorang akan menggunakan dana darurat seperti menjual kendaraan hingga rumah. Tentu saja ini bisa menjadikan seseorang bangkrut dan berpotensi terlilit utang.

Risiko tersebut bisa diminimalkan dengan proteksi kesehatan. Jadi, jawaban berikutnya atas pertanyaan asuransi kesehatan untuk apa saja adalah mengurangi risiko kebangkrutan mendadak. Anda tidak ingin hal tersebut terjadi bukan?

Asuransi Kesehatan Keluarga dan Perorangan

Setelah mengetahui fungsi asuransi kesehatan untuk apa saja, hal cukup penting yang perlu dipahami berikutnya adalah jenis proteksi keluarga dan perorangan. Lalu, apa saja perbedaan di antara kedua jenis tersebut?

Secara garis besar, dari namanya sudah terlihat jelas bahwa asuransi keluarga dirancang untuk melindungi seluruh anggota keluarga dalam satu polis. Sementara itu, jenis perorangan hanya berlaku untuk satu orang saja. Artinya, anggota keluarga lain tidak bisa melakukan klaim atas orang tersebut.

Asuransi Kesehatan Karyawan

Asuransi kesehatan untuk karyawan juga sangat penting, terutama bagi seorang pemimpin perusahaan. Mengenai fungsi asuransi kesehatan untuk apa saja, pada konteks ini adalah memberikan perlindungan bagi karyawan di suatu perusahaan. 

Apabila karyawan harus menjalani perawatan medis, maka asuransi ini akan memberikan keringanan biaya atau bahkan gratis. Biasanya premi akan langsung dipotong dari gaji pokok sehingga karyawan sudah tidak perlu membayar apapun lagi.

Tentang Asuransi Kesehatan Syariah

Pembahasan terakhir setelah pengetahuan akan fungsi asuransi kesehatan untuk apa saja adalah jenis asuransi syariah. Sesuai namanya, asuransi syariah merupakan proteksi perlindungan kesehatan dengan sistem syariah, yakni melalui akad. 

Jenis ini sebenarnya bukan hal baru karena sudah banyak perusahaan menyediakannya. Perbedaan dengan jenis konvensional yang paling terlihat jelas adalah tidak ada unsur ketidakpastian, tidak mengandung riba, dan tidak ada unsur perjudian.

Jadi, itulah tadi pembahasan tentang pengertian, jenis, dan fungsi asuransi kesehatan untuk apa saja. Bisa disimpulkan bahwa proteksi ini memang sangat penting untuk dimiliki agar terhindar dari hal-hal tidak diinginkan di kemudian hari.

Ingin tau lebih banyak tentang asuransi kesehatan untuk keluarga Anda, konsultasikan bersama kami konsultan asuransi medan.

Posting Komentar

Copyright © FINEDUU - Konsultan dan Agen Asuransi Medan. Optimasi oleh SEOInstan | Designed by OddThemes