Top Menu

Mengenal Pentingnya Asuransi Pendidikan Anak Sejak Dini

Sebagai orang tua, Anda mempunyai kewajiban penuh atas pendidikan anak di masa mendatang. Untuk mencapai hal tersebut, salah satu caranya adalah dengan mengikuti asuransi pendidikan anak sejak dini.

asuransi pendidikan


Lantas, seberapa penting kehadiran asuransi pendidikan tersebut bagi masa depan anak? Nah, untuk mengetahui lebih jauh tentang hal itu, Anda dapat simak ulasannya berikut ini.

Apa Itu Asuransi Pendidikan?

Asuransi pendidikan merupakan sebuah produk di mana si pemilik polis atau nasabah punya kewajiban melakukan pembayaran premi. Nantinya, pembayaran premi tersebut akan dipakai untuk menjamin segala biaya pendidikan anak (terjamin).

Jenis asuransi pendidikan ini biasanya juga meliputi adanya asuransi jiwa bagi anak. Bahkan, dalam jenis tertentu terdapat juga jenis asuransi pendidikan yang mengalokasikan dananya ke produk investasi.

Cara Kerja Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan pada dasarnya melakukan kerja sama dengan asuransi jiwa dwiguna dan unit link. Sederhananya, sistem asuransi punya cara kerja di mana pihak nasabah harus membayarkan uang premi setiap bulan.

Nantinya, dana premi bulanan tersebut akan digunakan ke manfaat asuransi jiwa dan tabungan dana pendidikan. Apabila si nasabah meninggal, pihak ahli waris berhak memperoleh santunan serta dana pendidikan secara bersamaan.

Sementara jika si nasabah atau pihak pembayar premi masih dalam keadaan sehat sampai dengan waktu polis selesai, maka dana pendidikan dari asuransi ataupun keuntungan investasi tetap dapat dicairkan.

Pada beberapa asuransi pendidikan, asuransi jiwa pendidikan diberikan dari dana pertanggungan. Pencairan dari dana tersebut akan dilakukan bertahap mengikuti jenjang pendidikan yang dijalani oleh anak.

Untuk waktu serta porsi dananya, semua itu telah diatur dalam perjanjian polis. Pada beberapa perusahaan asuransi, biasanya juga menyertakan fasilitas pembebasan premi. Artinya, saat orang tua meninggal, pendidikan sang anak tetap terjamin.

Perbedaan Asuransi Pendidikan Dan Tabungan Pendidikan

Dilihat dari tujuannya, asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan memanglah sama. Namun, ternyata jika ditelaah lebih jauh, dua produk tersebut mempunyai perbedaan yang signifikan.

Untuk lebih mudah dalam memahami perbedaan tersebut, Anda dapat melihat beberapa perbedaan mendasar antara asuransi pendidikan anak sejak dini dengan tabungan pendidikan di bawah ini.

Tabungan Pendidikan

Berikut adalah hal-hal terkait dengan tabungan pendidikan:

  • Punya bunga cukup kecil (3,5%)
  • Risiko dinilai lebih rendah
  • Dianjurkan untuk tujuan jangka waktu pendek
  • Pada sebagian produk tabungan menawarkan kombinasi dari tabungan dan asuransi lain untuk mengantisipasi risiko berhentinya aktivitas tabungan disebabkan kematian.

Asuransi Pendidikan 

Berikut hal-hal yang terkait asuransi pendidikan:

  • Imbal balik dana dapat lebih banyak karena dikelola ke instrumen investasi
  • Punya risiko besar mengingat keuntungan investasi tidak ada jaminan pasti bagus
  • Dianjurkan dilakukan dalam jangka panjang paling tidak lebih dari 5 tahun
  • Mempunyai proteksi jiwa yang membuat ahli waris memperoleh uang tunai saat pihak tertanggung meninggal.

Melihat rincian di atas, tentu Anda dapat secara jelas melihat bahwa terdapat beberapa perbedaan dasar antara asuransi pendidikan anak sejak dini dan juga tabungan pendidikan. 

Apakah Asuransi Pendidikan Bisa Dicairkan?

Berdasarkan pembahasan sebelumnya, asuransi pendidikan anak ini tentunya dapat dicairkan. Akan tetapi, proses pencairan umumnya dilakukan secara bertahap baik dari jenjang pendidikan maupun jenjang usia anak.

Hal itu pastinya sejalan dengan tujuan Anda dalam mengikuti asuransi ini. Dengan mempunyai asuransi pendidikan, Anda dapat membuat perencanaan dan menjamin biaya pendidikan sang anak di masa yang akan datang.

Manfaat Asuransi Pendidikan 

Saat mempunyai asuransi pendidikan anak, tentunya terdapat beberapa manfaat yang dapat diperoleh. Berikut adalah berbagai manfaat yang dapat diperoleh.

Biaya Pendidikan Terjamin

Manfaat punya asuransi pendidikan anak adalah biaya pendidikan anak akan terjamin. Hal itu membuat anak tetap dapat menyelesaikan pendidikannya apapun keadaan dari orang tuanya. 

Seperti diketahui, tidak ada orang yang dapat menjamin masa depan. Bukan tidak mungkin di waktu mendatang, kondisi orang tua sudah tidak dapat bekerja lagi karena sakit keras, cacat permanen, atau bahkan meninggal.

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi semua kemungkinan terburuk tersebut, banyak orang tua yang memilih untuk mengambil asuransi pendidikan anak sejak dini. Dengan begitu, orang tua dapat merasa tenang karena biaya pendidikan anak sudah terjamin.

Sebagai Investasi Masa Mendatang

Pendidikan anak dapat menjadi salah satu investasi mendatang khususnya bagi masa depan si anak. Dengan adanya asuransi pendidikan anak, sang anak akan dijamin dapat menyelesaikan pendidikannya hingga masa kuliah.

Mengantisipasi Inflasi

Seiring kenaikan laju inflasi, biaya pendidikan anak juga akan semakin mahal setiap tahunnya. Untuk mengantisipasi hal itu, Anda dapat ikut asuransi pendidikan anak. Biaya pertanggungan yang diberikan dapat digunakan untuk mengejar laju inflasi tersebut.

Tips Memilih Asuransi Pendidikan Anak

Setelah membahas tentang manfaatnya, selanjutnya Anda juga harus tahu tentang cara memilih perusahaan asuransi yang tepat untuk anak Anda. Berikut adalah beberapa tips yang bisa digunakan dalam mencari asuransi pendidikan anak sejak dini.

Perhitungkan Target Biaya Pendidikan

Tips pertama adalah perhitungkan jumlah biaya pendidikan yang dibutuhkan hingga anak selesai perguruan tinggi. Setelah itu, Anda dapat mencari perusahaan yang dapat memberikan uang pertanggungan sesuai biaya pendidikan yang sudah diperkirakan.

Premi dan Pertanggungan Seimbang

Tips memilih asuransi pendidikan berikutnya adalah pastikan premi dan uang pertanggungan seimbang. Selain itu, pilihlah juga perusahaan yang mempunyai fasilitas pembebasan premi untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya kematian orang tua.

Lihat Periode Produk Asuransi

Perusahaan asuransi pendidikan umumnya punya periode tertentu. Oleh karena itu, sebelum mengambil asuransi, hitunglah berapa tahun sang anak sampai ke jenjang perguruan tinggi. Hal ini dilakukan untuk menentukan periode asuransi dengan tepat.

Lihat Riwayat Perusahaan

Selanjutnya, pastikan juga perusahaan asuransi pendidikan punya riwayat yang baik. Lihatlah tentang legalitas serta reputasi kinerja dari perusahaan tersebut. Hal ini dilakukan agar Anda tidak salah pilih perusahaan asuransi pendidikan anak sejak dini.

Simulasi Asuransi Pendidikan

Bagi Anda yang mungkin masih belum akrab dengan dunia asuransi seperti ini, tentu akan lebih mudah memahami konsepnya dengan adanya simulasi. Nah, untuk itu, agar lebih paham berikut ada contoh simulasi penggunaan asuransi ini.

Pak Dodi mampu membayar premi 5,5 juta/bulan. Tujuannya untuk memberikan jaminan pendidikan pada anaknya yang masih berumur 1 tahun hingga ke perguruan tinggi. Simulasi asuransinya adalah seperti ini.

  • Uang pertanggungan (UP): Rp250.000.000.
  • Masa pembayaran premi: 5 tahun.
  • Premi dasar: Rp 64.284.000 /tahun.
  • Premi Kematian/cacat tetap total: Rp 812.000/tahun.
  • Premi Comprehensive Critical Cover: Rp 812.000 /tahun.
  • Total pembayaran premi: Rp 65.908.000/tahun.
  • Durasi menabung selama 20 tahun.

Perusahaan menawarkan 200% UP sebagai dana pendidikan, 100% UP saat tertanggung meninggal, dan juga pembebasan premi saat pak Dodi meninggal. Berdasarkan hal itu, UP yang dapat dicairkan hingga anak masuk perguruan tinggi adalah sebagai berikut.

  • Tahun ke-18 = Rp 200 juta.
  • Tahun ke-19 = Rp 100 juta.
  • Tahun ke-20 = Rp 100 juta.
  • Tahun ke-21 = Rp 100 juta plus bonus tahunan dan akhir polis.

Dengan menaruh uang di asuransi pendidikan anak sejak dini tersebut, Pak Dodi dapat memastikan bahwa semua biaya pendidikan anaknya sudah cukup hingga masuk perguruan tinggi.

Itulah tadi pembahasan berbagai macam hal terkait pentingnya asuransi pendidikan anak sejak dini. Pendidikan merupakan hal penting untuk masa depan anak. Oleh karena itu, untuk menjamin semua itu, Anda dapat mengikuti asuransi pendidikan tersebut.

Diskusikan rencana asuransi pendidikan anak Anda bersama kami, konsultan asuransi medan!


Posting Komentar

Copyright © FINEDUU - Konsultan dan Agen Asuransi Medan. Optimasi oleh SEOInstan | Designed by OddThemes