Top Menu

Asuransi dan Dana Investasi, Apakah Sama?

Asuransi dan dana investasi menjadi dua cara untuk proses perencanaan keuangan. Tapi asuransi dan dana investasi, apakah sama? Mungkin ini akan menjadi pertanyaan anda jika harus memilih salah satu di antara keduanya. 




Untuk mengetahui perbedaan asuransi dan investasi, anda dapat menyimpan ulasan berikut ini, agar bisa memilih mana yang harus didahulukan apakah asuransi atau investasi. Mari langsung saja disimak. 

Apa itu Investasi 

Bagi para pemula, tentunya harus mengetahui terlebih dahulu tentang arti atau definisi dari investasi. Lantas apa itu investasi. Investasi sendiri adalah kegiatan penanaman uang atau modal dalam bentuk aset berharga yang memiliki tujuan untuk memperoleh keuntungan. 

Kegunaannya adalah agar dapat memenuhi kebutuhan di masa mendatang dan sebagai cara untuk menjaga daya beli penggunanya agar tak tergerus inflasi. Dari pengertian ini jelas berbeda dari asuransi. 

Asuransi merupakan perjanjian antara sua pihak atau bahkan lebih, dengan pihak tertanggung harus membayar iuran yang nantinya digunakan untuk pergantian atas risiko kerusakan, kerugian, atau kehilangan dapat terjadi dari akibat peristiwa yang tak terduga. 

Dari definisi tersebut kegunaan asuransi adalah untuk pengalih risiko. Maksudnya jika ada seorang kepala keluarga meninggal dan kepala keluarga tersebut memiliki asuransi, maka keluarga berhak atas dana asuransi tersebut yang nantinya dana asuransi tersebut bisa dikelola untuk memenuhi kebutuhan hidup. 

Pentingnya investasi 

Dari pengertian yang sudah dijelaskan maka bisa disimpulkan jika investasi pun menjadi hal yang penting dan perlu dilakukan sedini mungkin. Hal ini lantaran dengan investasi maka anda sudah mempersiapkan dana untuk masa depan. 

Dengan investasi maka anda sudah memasuki langkah awal membangun perekonomian, sehingga dapat membantu perekonomian negara Indonesia. 

Secara singkatnya investasi bisa membantu pelakunya untuk mempersiapkan dana di masa depan dengan manfaatkan dana yang dimiliki saat ini.

Masa depan tidak ada yang tahu akan bagaimana, jadi baiknya berinvestasi untuk mempersiapkan masa depan agar bisa mendapatkan masa depan lebih baik. 

Misal anda ingin memiliki usaha restoran di masa depan. Tak ada salahnya melakukan investasi mulai dari sekarang. Sebab investasi lebih dari sekadar menabung, sehingga bisa lebih cepat dana terkumpul untuk kebutuhan anda di masa depan. 

Tapi tentunya harus diperhatikan dan diperhitungkan dalam berinvestasi jangan asal berinvestasi agar mendapatkan untuk secara maksimal. 

Kapan mulai investasi 

Selain pertanyaan asuransi dan dana investasi, apakah sama? Pertanyaan kapan mulai investasi? Maka jawabannya adalah secepat mungkin. Ya, selagi anda memiliki dana yang cukup untuk investasi, seperti uang, atau aset berharga maka tak ada salahnya untuk lebih cepat berinvestasi.

Berapapun usia anda jika sudah memiliki penghasilan, maka itulah waktu yang tepat untuk berinvestasi. Tapi jika sudah berpenghasilan namun belum bisa cukupi segala kebutuhan pokok secara maksimal apakah harus investasi? 

Nah, investasi bisa dilakukan jika segala kebutuhan pokok anda sudah tercukupi termasuk bisa membayar iuran wajib seperti tagihan dan utang. Jika segala kebutuhan tersebut sudah sanggup dicukupi dan masih ada dana untuk investasi, maka berinvestasilah. 

Apakah asuransi merupakan Investasi? 

Pertanyaan seputar kedua hal ini tentunya banyak ditanyakan, seperti asuransi dan dana investasi, apakah sama? Apakah asuransi termasuk investasi? Dan sebagainya. 

Jika dilihat dari pengertian kedua, jelas berbeda. Investasi sendiri merupakan dana yang disiapkan untuk jangka panjang. Sedangkan asuransi disiapkan jika ada kejadian tak terduga yang mengakibatkan pemiliknya tidak bisa bekerja kembali. 

Asuransi baru bisa diambil atau digunakan jika ada kejadian tak diinginkan, seperti saat kecelakaan, sakit, dan meninggalkan yang mengakibatkan pemiliknya tidak bisa bekerja. 

Pengambilan dana asuransi pun bergantung dengan jenis yang dipilih, ada asuransi kesehatan, asuransi jiwa, dan sebagainya. 

Jika asuransi kesehatan maka bisa digunakan untuk membayar biaya rumah sakit atau perawat. Ini beberapa dengan investasi keuntungan investasi bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan tidak terpaku hanya untuk satu kebutuhan saja. 

Selain itu Perbedaan asuransi dan investasi adalah di fleksibelitas dana. Asuransi harus membayar iuran sesuai kesepakatan. Sedangkan investasi lebih fleksibel. Anda bisa berinvestasi sesuai dengan kemampuan finansial. 

Itulah beberapa Perbedaan asuransi dan investasi. Jika anda tertarik untuk berinvestasi, mari ketahui terlebih dahulu tentang manfaat dana investasi. 

Dana investasi dan manfaatnya

Investasi dipilih banyak orang karena memiliki cukup banyak manfaat. Untuk anda yang ingin mengetahui dana investasi dan manfaatnya, maka berikut ini adalah beberapa manfaat perlu diketahui setelah mengetahui jawaban atas asuransi dan dana investasi, apakah sama?

  • Sebagai cara untuk menghindarkan diri dari inflasi 
  • Untuk dana kebutuhan darurat 
  • Meningkatkan nilai uang atau kekayaan yang dimiliki 
  • Mempersiapkan kebutuhan di masa depan 
  • Agar mencapai kebebasan finansial 
  • Bisa lebih siap pensiun 
  • Membuka wawasan 
  • Melatih diri untuk mengambil keputusan 

Itulah beberapa manfaat yang bisa anda peroleh jika memiliki investasi. 

Memilih dana investasi untuk jangka panjang

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika berinvestasi tentunya tidak boleh asal-asalan. Ya, anda harus memikirkan secara matang, antara ingin investasi jangka pendek atau jangka panjang.

Investasi jangka panjang sendiri memang memiliki keuntungan yang lebih tinggi tapi risikonya juga tinggi. Untuk mengantisipasinya, tentunya anda harus tahu terlebih dahulu tentang macam-macam investasi jangka panjang. 

Berikut ini adalah beberapa jenis instrumen investasi jangka panjang yang harus anda ketahui sebelum memilih mana yang paling tepat untuk diri sendiri. 

Saham 

Apa itu investasi saham? Saham merupakan sekuritas yang akan mewakili kepemilikan sebagai kecil dari perusahaan. Nah, untuk investasi satu ini tergolong cukup banyak dilirik oleh kebanyakan masyarakat Indonesia, termasuk generasi Z. 

Saham akan memberikan hak kepada pemilik investasi dan keuntungan perusahaan sama seperti dengan saham yang dimiliki oleh penanam saham. 

Properti 

Selanjutnya investasi dalam bidang properti pun tergolong cukup digemari saat ini. Nah, anda bisa membeli tanah atau rumah di masa sekarang sebagai investasi jangka panjang. Jika diamati harga tanah dan rumah selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya. 

Obligasi 

Ada juga Obligasi yang merupakan surat pernyataan utang yang diterbitkan dan biasanya diterbitkan oleh pemerintah, korporasi, dan juga perseorangan. 

Dalam surat ter akan ada keterangan bunga dan keuntungan akan didapatkan dalam jangka waktu tertentu. 

Itulah beberapa jenis investasi jangka panjang. Mungkin ada salah satu yang menarik minat anda untuk mulai berinvestasi jangka panjang. Setidaknya sekarang anda sudah tahu jawaban dari asuransi dan dana investasi, apakah sama? Serta tahu jenis-jenis investasi jangka panjang.

Cara Kerja Asuransi Dana Investasi

Asuransi unit link atau asuransi investasi menjadi produk asuransi yang sedang naik daun saat ini. Apa itu asuransi investasi? Ini merupakan produk asuransi yang digabungkan dengan investasi. Lalu bagaimana cara kerja asuransi dana investasi ini? 

Tujuan dari asuransi ini adalah agar premi yang dibayarkan tetap karena biaya kenaikan asuransi dapat ditutupi dengan investasi yang telah terbentuk. 

Karena ini gabungan dari asuransi dan investasi, maka premi tersebut dibagi 2, yaitu pertama dasar berkala yang dibayarkan terus agar polis aktif. 

Dan kedua premi investasi berkala yang akan dialokasikan menjadi nilai dana dari investasi. Secara sederhana cara kerjanya adalah seperti itu.

Mungkin itu saja pembahasan kali ini mengenai asuransi dan dana investasi, apakah sama? Serta pembahasan lainnya, semoga bermanfaat.

Posting Komentar

Copyright © FINEDUU - Konsultan dan Agen Asuransi Medan. Optimasi oleh SEOInstan | Designed by OddThemes